Category Archives: pemikiran

life is….

lautHidup itu seperti laut kadang tanang,  kadang bergelombang dan kadang ada badai.

karangHidup itu seperti laut. Tidak semulus yang kita bayangkan kadang ada karang-karang yang harus diterjang untuk mencapai suatu tujuan.

ombakHidup itu seperti laut. Menciptakan ombak untuk menerjang karang. Mengurai masalah menjadi pasir.

memecah karangHidup itu seperti laut. berani menggulungkan ombak untuk memecah karang. jangan kau kira memecah karang kehidupan itu bisa hanya dengan satu ombak. Hidup itu seperti laut. membenturkan ribuan ombak untuk menghancurkan karang.

all photos by conandole.

Iklan

love is……wuwh…..

muda mudi

muda mudi

Berawal dari sepasanga muda-mudi yang terpaut hatinya, terbuai jiwanya, tertahan akal sehatnya oleh perasaan yang menyesakkan.

mawar

mawar

Lalu diberikan sekuntum bunga yang menggambarkan kesetiaan, keseriusan, perasaan yang……wuwh……..

awazzzzz

awazzzzz

Dan apakah semua berakhir seperti ini? who knows….no body know…..tapi hati-hati aja jangan terbuai dan jangan tergoda. awas SETAN hahaha

Pelajaran dari avatar aang book fire last episode

Avatar aang. Semua juga pasti tau, anak berkepala botak dari pengendali angin yang suka naik appa & selalu bersama momo. Ada pelajaran menarik diepisode terakhir ini. Saya tidak menceritakan episode terakhir yang seru, menegangkan, pertempuran antara raja api dg aang tapi saya lebih suka membahas tentang pelajaran yang sy ambil.
Okay…sapa sih yang gak kenal raja api, yang kejam suka nyerang & membunuh orang-orang pengendali yang lain seperti pengendali bumi, pengendali air, pengendali udara. Sudah banyak negara yg dia hancur leburkan termasun membunuh semua pengendali udara.
Wah begitu kejam rupanya. Bisakah kamu bayangkan bila teman-teman mu, keluargamu, dan orang-orang yang kamu sayangi dibunuh? Apa yang akan kamu lakukan terhadap pembunuh itu bila km bertemu dg dia.
Disitulah pelajaran yg bisa diambil dari aang yaitu memaafkan. Bukan hanya aang yang melakukan itu tapi pada episode sebelumnya katara juga melakukan hal yang sama pada pengendali api yang membunuh ibunya.
Apa hanya memaafkan lalu selesai terus dibiarkan? Owh tentu tidak pasti ada hukuman bagi orang yang berbuat jahat & aniaya. Memaafkan hakekatnya disini adalah tidak memendam amarah, benci & sakit hati yang berkepanjangan yang membuat gelap mata & hidup sengsara. Orang yang bersalah harus dihukum walaupun udah dimaafkan. Hal itu agar dia bisa jera & tidak mengulangi perbuatannya.
Tapi sejujurnya memaafkan orang yang telah menyakiti kita memang sulit bahkan sangat sulit. Tapi pertanyaanny apakah kita bisa hidup tenang dengan emosi & dendam yang ada didada. Hidup itu pilihan maka pilih lah yang membuatmu tenang & menyenangkan menjalani hidup :-D;)8-)

Energi dalam kata

Make it do or die,
I feel the need to grow,
Be the best,
Won’t stop,
’till I succeed,
Brave enough to win,
Stength from within,
I’ll be the hero I was born to be,
And You’ll be proud of me. (go to the goal)

Pertama dengar lagunya di PES 2008 aku langsung tertarik. Mendengar musiknya aku langsung bersemangat, aku tak tahu apa yang diucap dari lagu itu tapi ada nuansa beda yang diberikannya.

Kini aku tahu syairnya dan sepenggal lirik yang membuatku bersemangat aku pampang diatas tulisan ini. Semua orang mempunyai tujuan hidup yang ingin dicapai dan semua orang pasti berjuang dalam setiap episode kehidupan yang dilaluinya.

Jangan Percaya Dengan Ngobrol Sepuasnya

ini lah akibat buruk yang terjadi karena mempercayai iklan. Ngobrol sepuasnya yang diobral oleh operator seluler tertentu dan perang tarif antara operator seluler ternyata menumbalkan konsumen. Sebagai konsumen saya merasa dirugikan, secara materil, dan waktu akibat mempercayai ngobrol sepuasnya. Mungkin tidak semua konsumen merasa dirugikan seperti saya tapi saya juga konsumen dan mempunyai hak untuk tidak puas dan marah akibat pelayanan yang menurut saya “sangat menipu”.

Awal kejadiannya adalah beberapa minggu yang lalu. Akibat adanya iklan yang menggiurkan untuk bicara sepuasnya hanya dengan beberapa ratus rupiah, saya sangat senang, maklum anak Kos, jauh dari rumah dan sangat membutuhkan bicara dengan orang rumah. Tanpa basa-basi-bas*ng saya pun memburu kartu perdana yang warnanya merah itu. Saya agak kesal karena begitu selesai diregistrasi kok tidak bisa langsung dipakai. Akhirnya saya bersabar dan baru bisa dipakai besoknya. It’s Ok…yang penting bisa ngobrol sepuasnya.

Setelah saya coba untuk menelp sanak saudara nun jauh disana yang saya rindukan hingga tak tertahankan. Kok signalnya bosok. It’s Ok yang penting masih bisa denger dan bisa ngobrol sepuasnya, masih terima-terima aja. Eh..taunya…setelah beberapa menit belum sampai 10 nenit tuh telpon mati sendiri, trus setelah di cek kok pulsanya habis 1800. It’s ok, mungkin signalnya kurang bagus kali ye..

Dicoba untuk yang ke 2 kalinya…..weeeee…ternyata lebih parah….HANYA 2 MENIT 24 DETIK TELP GUE MATI NDIRI trus pulsa gue habis 3600 dalam 2 kali telp yang gak sampe 10 menit…

Seharang…mana 600 sepuasnya?gak puas aja dah hilang 3600…apa lagi sepuasnya….

POKOKNYA JANGAN PERCAYA AMA TARIF TELP YANG NGOBROL SEPUASNYA…..

ITU ASLI PENIPUAN…..

Mendung Indonesia

tak pernah hilang

Mendung menyapa Indonesia sudah lama. Habis gelap terbit terang lalu gelap lagi itu sudah biasa. Mendung tidak hanya hinggap di atap ibu pertwi tapi juga bersemayam diraut muka penghuni rumah.

Gambar diatas merupakan kiasan alam dari Yang Maha Pencipta mendung bahwa itu adalah ironi dari langit betapa muramnya wajah yang indah dan kita mesti sadar mengung Indonesia takkan berlalu tanpa perjuangan dan kejujuran.

Pendekatan parsial VS Pendekatan sistem

Analisa sistem, mata kuliah yang  diambil  disemester lima memberikan suatu pola pikir yang baru dan pola pikir tersebut sangat bermanfaat untuk menganalisa sesuatu ataupun dalam penganmbilan keputusan. Dalam analisa sistem kita diajarkan bagai mana berpikir secara sistem bukan secara parsial.

Pendekatan parsial biasanya memiliki kerangka berpikir bagaimana menyelesaikan masalah dengan melihat penyebab masalah tersebut dan tidak melihat suatu masalah secara sistem (secara keseluruhan dan menganalisa komponen yang ada). Pendekatan parsial biasanya sering dilakukan oleh orang-orang pemerintahan. Contohnya mereka sering membantu UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan memberikan modal usaha karena menurut mereka modal adalah masalah utama dalam UKM tapi mereka tidak pernah menganalisa semua pelaku yang ada.

Berbeda dengan kerangka berpikir sistem. Pendekatan sistem sering melihat sesuatu sebagai sistem dengan menganalisa komponen-komponen yang ada dalam sistem menganalisa kebutuhan setiap komponen dan menganalisa keterkaitan antara kebutuhan tersebut apakah saling mendukung atau berlawanan.

Seperti contoh UKM diatas, apabila melakukan dengan pendekatan sistem, yang terlebih dahulu kita melihat komponen yang ada dalam sistem UKM tersebut contohnya ada pengusaha, ada konsumen, ada bahan baku, ada pemerintah, pekerja, lembaga keuangn dll (intinya yang berpengaruh terhadap UKM). Dari pelaku tersebut dianalisa kebutuhannya dan keterkaitan antar kebutuhannya. Dari situ dapat dilihat bahwa biasanya UKM tidak hanya membutuhkan modal tetapi juga ketersediaan pasar, bahan baku dan lainya. Kalau hanya cuma modal tapi tanpa pasar dan bahan baku UKM tidak akan bisa berkembang.

Sekilas perbedaan pemikiran parsial dan pemikiran sistem seperti diatas. Tinggal bagai mana cara mengembangkannya dan memjadikannya panduan dalam pennyelesaian masalah.