Category Archives: conan dole’s word

life is….

lautHidup itu seperti laut kadang tanang,  kadang bergelombang dan kadang ada badai.

karangHidup itu seperti laut. Tidak semulus yang kita bayangkan kadang ada karang-karang yang harus diterjang untuk mencapai suatu tujuan.

ombakHidup itu seperti laut. Menciptakan ombak untuk menerjang karang. Mengurai masalah menjadi pasir.

memecah karangHidup itu seperti laut. berani menggulungkan ombak untuk memecah karang. jangan kau kira memecah karang kehidupan itu bisa hanya dengan satu ombak. Hidup itu seperti laut. membenturkan ribuan ombak untuk menghancurkan karang.

all photos by conandole.

Pelajaran dari avatar aang book fire last episode

Avatar aang. Semua juga pasti tau, anak berkepala botak dari pengendali angin yang suka naik appa & selalu bersama momo. Ada pelajaran menarik diepisode terakhir ini. Saya tidak menceritakan episode terakhir yang seru, menegangkan, pertempuran antara raja api dg aang tapi saya lebih suka membahas tentang pelajaran yang sy ambil.
Okay…sapa sih yang gak kenal raja api, yang kejam suka nyerang & membunuh orang-orang pengendali yang lain seperti pengendali bumi, pengendali air, pengendali udara. Sudah banyak negara yg dia hancur leburkan termasun membunuh semua pengendali udara.
Wah begitu kejam rupanya. Bisakah kamu bayangkan bila teman-teman mu, keluargamu, dan orang-orang yang kamu sayangi dibunuh? Apa yang akan kamu lakukan terhadap pembunuh itu bila km bertemu dg dia.
Disitulah pelajaran yg bisa diambil dari aang yaitu memaafkan. Bukan hanya aang yang melakukan itu tapi pada episode sebelumnya katara juga melakukan hal yang sama pada pengendali api yang membunuh ibunya.
Apa hanya memaafkan lalu selesai terus dibiarkan? Owh tentu tidak pasti ada hukuman bagi orang yang berbuat jahat & aniaya. Memaafkan hakekatnya disini adalah tidak memendam amarah, benci & sakit hati yang berkepanjangan yang membuat gelap mata & hidup sengsara. Orang yang bersalah harus dihukum walaupun udah dimaafkan. Hal itu agar dia bisa jera & tidak mengulangi perbuatannya.
Tapi sejujurnya memaafkan orang yang telah menyakiti kita memang sulit bahkan sangat sulit. Tapi pertanyaanny apakah kita bisa hidup tenang dengan emosi & dendam yang ada didada. Hidup itu pilihan maka pilih lah yang membuatmu tenang & menyenangkan menjalani hidup :-D;)8-)

Energi dalam kata

Make it do or die,
I feel the need to grow,
Be the best,
Won’t stop,
’till I succeed,
Brave enough to win,
Stength from within,
I’ll be the hero I was born to be,
And You’ll be proud of me. (go to the goal)

Pertama dengar lagunya di PES 2008 aku langsung tertarik. Mendengar musiknya aku langsung bersemangat, aku tak tahu apa yang diucap dari lagu itu tapi ada nuansa beda yang diberikannya.

Kini aku tahu syairnya dan sepenggal lirik yang membuatku bersemangat aku pampang diatas tulisan ini. Semua orang mempunyai tujuan hidup yang ingin dicapai dan semua orang pasti berjuang dalam setiap episode kehidupan yang dilaluinya.

Perang Tarif Turunkan Service Level

Begitu maraknya perang tarif antara operator seluler saat ini dan membuat saya sebagai konsumen bingung antara bingung memilih yang benar atau memilih yang murah binggung apa kah ini serius?. Artikel ini hanya merupakan opini dari konsumen yang merasa resah dengan adanya perang tarif.

Pada semua industri apakah manufaktur atau industri jasa pasti menitik beratkan mada fungsi operasi perusahaan untuk meningkatkan kepuasan konsumen baik itu dalam hal mutu, harga, kecepatan pelayanan atau hal lain yang berhubungan dengan peningkatan service level.

Mari kita mengkaji tentang perang tarif yang terjadi saat ini. perang tarif sesuai dengan yang saya amati (kalo gak setuju silahkan komen ūüôā ) merupakan usaha bagi para operator seluler untuk mencari konsumen sebanyak-banyaknya¬†dengan menurunkan tarif bicara atau bonus2 lain sampai pada yang paling ekstrim adalah telpon sepuasnya.

Hal yang perlu dipertanyakan :
1. Bila terjadi penurunan harga, pasti ada efisiensi atau pengorbanan terten tu yang dilakukan, apa itu?
2. Apakah mencari konsumen sebanyak-banyaknya merupakan tujuan utama ataukah loyalitas konsumen menjadi hal utama?

untuk no 1 :
dari hasil analisa saya, selain adanya efisiensi cost yang dilakukan untuk memurahkan harga, pelaku usaha juga menurunkan mutu pelayanan atau mutu produknya. Hal ini bisa dirasakan sendiri bila anda menggunakan produk tersebut dimana pelayanan atau kualitas berubah dari biasanya, biasanya telponnya lancar sekarang agak sendat-sendat, biasanya signalnya bagus sekarang jadi rusak dan masih banyak lagi dan hal tersebut membuat cost konsumen terjarah sangat banyak.

untuk no 2 :
Jelas bahwa kalau industri tersebut berorientasi jangka pendek maka tujuan utama adalah konsumen sebanyak-banyaknya tapi kalau orientasi jangka panjang pasti orientasi loyalitas konsumen. Tapi apakah operator seluler itu jangka pendek, mungkin iya mungkin tidak. Jika harga rendah dan mutu bagus mungkin akan disukai konsumen. Tapi apakah harga rendah yang ada sekarang bermutu bagus?

Jika konsumen terus dipermainkan karena adanya perang harga yang terus-menerus maka lama2 konsumen juga akan muak dan merugikan kedua belah pihak.

Kami menyambut baik adanya rencama penyamaan tarif oleh pemerintah. Kami berharap pemerintah menjadi regulator yang baik dan bisa melihat sisi optimal untuk kemanfaatan produsen maupun konsumen. 

 

Jangan Percaya Dengan Ngobrol Sepuasnya

ini lah akibat buruk yang terjadi karena mempercayai iklan. Ngobrol sepuasnya yang diobral oleh operator seluler tertentu dan perang tarif antara operator seluler ternyata menumbalkan konsumen. Sebagai konsumen saya merasa dirugikan, secara materil, dan waktu akibat mempercayai ngobrol sepuasnya. Mungkin tidak semua konsumen merasa dirugikan seperti saya tapi saya juga konsumen dan mempunyai hak untuk tidak puas dan marah akibat pelayanan yang menurut saya “sangat menipu”.

Awal kejadiannya adalah beberapa minggu yang lalu. Akibat adanya iklan yang menggiurkan untuk bicara sepuasnya hanya dengan beberapa ratus rupiah, saya sangat senang, maklum anak Kos, jauh dari rumah dan sangat membutuhkan bicara dengan orang rumah. Tanpa basa-basi-bas*ng saya pun memburu kartu perdana yang warnanya merah itu. Saya agak kesal karena begitu selesai diregistrasi kok tidak bisa langsung dipakai. Akhirnya saya bersabar dan baru bisa dipakai besoknya. It’s Ok…yang penting bisa ngobrol sepuasnya.

Setelah saya coba untuk menelp sanak saudara nun jauh disana yang saya rindukan hingga tak tertahankan. Kok signalnya bosok. It’s Ok yang penting masih bisa denger dan bisa ngobrol sepuasnya, masih terima-terima aja. Eh..taunya…setelah beberapa menit belum sampai 10 nenit tuh telpon mati sendiri, trus setelah di cek kok pulsanya habis 1800. It’s ok, mungkin signalnya kurang bagus kali ye..

Dicoba untuk yang ke 2 kalinya…..weeeee…ternyata lebih parah….HANYA 2 MENIT 24 DETIK TELP GUE MATI NDIRI trus pulsa gue habis 3600 dalam 2 kali telp yang gak sampe 10 menit…

Seharang…mana 600 sepuasnya?gak puas aja dah hilang 3600…apa lagi sepuasnya….

POKOKNYA JANGAN PERCAYA AMA TARIF TELP YANG NGOBROL SEPUASNYA…..

ITU ASLI PENIPUAN…..

kalau mau enak, harus kerjasama biar dapat enak sama-sama

ayo manjat,,biar pelan tapi manjat…..

ayo naik, berjuang terus….!!!!

Dompu dan Sedikit Analisanya

Dompu merupakan sebuah kabupaten di NTB yang terdapat di pulau sumbawa yang terletak disebelah timur pulau lombok. Banyak cerita dan legenda yang mengisahkan kenapa kabupaten tersebut bernama Dompu tapi sayang sekarang kita tidak membicarakan hal itu.

Kabupaten dompu berbatasan dengan :
utara : Kab Bima
Timur : Kab Bima
Selatan : teluk cempi dan laut indonesia
Barat : Kab Sumbawa dan Teluk Saleh
batas-batas tersebut saya analisa berdasarkan peta Dompu. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Dompu berada antara Kab.Bima dan Kab.Sumbawa. Sebenarnya banyak hal yang dapat ditemukan di daerah yang berlambang menjangan ini “pokoke mbotolah..”. Tanah yang subur, hutan yang lumayan lebat, dan laut yang menyediakan banyak ikan-ikan segar setiap hari merupakan potensi utama sumberdaya alam yang menopang kehidupan Dompu.

Kita sekarang tidak akan berbicara politik coz ane nggak suka ama politik. Mari kita bicara tentang sumberdaya dan potensi yang dapat mengembangkan Dompu.

Dilihat dari sumberdaya alam, Dompu dapat dibilang kaya. Masyarakat setiap hari dapat mengkonsumsi ikan segar yang umumnya datang dari Kempo, sayuran segar dari kebun atau pekarangan rumah sendiri, dan rasa kekeluargaan yang kentalmenjadikan masyarakat dompu walupun nggak punya duit tapi masih bisa makan. ok kan..

Dikaji dari sumberdaya manusia, Dompu bisa dikatakan masih kurang atau lebih tepat lagi masih dalam tahap perkembangan karena sekarang banyak calon penerus daerah yang masih merantau untuk menimba ilmu dan tidak jarang dari mereka mendapat prestasi yang baik. Mudah-mudahan para putra daerah tersebut kembali ke Dompu untuk membangun Dompu dan doakan saja para generasi tua menerima dan membimbing mereka jangan sampai seperti diiklan “kalau belum tua belum bisa disuruh ngomong” atau “kalau belum tua belum bisa dipercaya” .

Sebenarnya kalau dikaji dari bidang agroindustri (bidang yang saya perdalami sekarang), Dompu bisa lebih maju apabila Dompu mau lebih serius mengembangkan sistem agroindustri berbasis mikro, kecil dan menengah. Agroindustri merupakan industri yang berbasis pada pertanian dengan mengelola hasil pertanian tersebut sehingga memiliki nilai tambah dan nilai jual dan apabila dikelola dengan baik akan meningkatkan semua sistem yang ada seperti pertanian, perikanan, perdagangan industri dan lain-lain. Agroindustri tidak hanya berbasis hasil tanaman. Pertanian itu bersifat luas bisa berupa perikanan, peternakan dan kehutanan semua itu masuk kedalam sistem pertanian dan dapat menjadi bahan baku agroindustri.

untuk urusan bahan baku, Dompu memiliki banyak sumberdaya yang bisa dimanfaatkan seperti hasil peternakan, pertanian, hasil laut dan hasil hutan. Yang menjadi kendala agroindustri di Dompu adalah letak wilayah Dompu serta infrastruktur yang masih belum mendukung.Infrastruktur sangat penting bagi perkembangan agroindustri. Hal ini berhubungan dengan rantai pasok dan biaya yang akan dikeluarkan untuk transportasi baik transportasi pemasaran maupun bakan baku. Untuk menjangkau ibu kota propinsi dari Kab.Dompu memerlukan waktu 12 jam dengan jalan yang berbukit dan bergunung-gunung. Walau letak kabupaten Dompu berada diantara Bima dan Sumbawa tetapi perlu sarana transportasi yang baik untuk menjangkau wilayah tersebut sebagai wilayah pemasaran atau wilayah pemasok.

Sarana transportasi yang ada sekarang harus lebih ditingkatkan agar dapat melakukan pemasaran dan penyediaan produk dengan cepat dan agar tidak menambah biaya produksi yang akam mempermahal produk.

kendala yang ada tidak hanya pada sarana dan infastruktus transportasi tetapi juga pada sumberdaya manusia. Sumberdaya manusia yang ada dirasa masih kurang dan juga minat para pemuda dan pelajar Dompu terhadap agroindustri, pertanian, kehutanan, peternakan serta kelautan masih belum meningkat. Dalam pengelolaan agroindustri tidak hanya dikaji dari sektor pertanian tetapi serangkaian dari proses seperti pengadaan bahan baku, penyimpanan, proses produksi, pemasara, rantai pasok dan masih banyak lagi sangat memerlukan tenaga kerja yang berpendidikan dan berilmu.

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah melakukan perbaikan infrastruktur transportasi dan berperan serta dapam peningkatan pertanian, merangsang tumbuhnya usaha keci dan menengah dengan memberikan kredit dengan bunga rendah pada pengusaha kecil serta menyediakan pendidikan yang bagus serta beasiswa bagi mahasiswa Dompu yang berprestasi agar mereka memiliki kepekaan dan tanggungjawab yang tinggi terhadap daerah.