kekuatan konsumen

Kalau boleh dibilang, konsumen itu adalah pengendali ya…bisa juga disamakan dengan yerk tapi dalam hal yang berbeda. Yerk harus masuk ke otak manusia untuk menjadi pengendali tapi konsumen cukup mengendalikan dengan keinginan.

Coba kita tengok suatu sistem dalam industri. Industri merupakan suatu sistem yang mengelola input (bahan baku dsb) menjadi output dengan tahapan proses didalamnya. Mengapa mereka mengolah dan menghasilkan?ya..tentu saja karena konsumen. Sekarang konsumen telah dibidik oleh para produsen untuk menjadi pelanggan dan pelanggan adalah raja.

Semua aktivitas perusahaan pasti mengacu ke konsumen. Perancangan produk harus sesuai dengan keinginan konsumen, pemasaran harus sesuai pada segmen konsumen yang dituju, riset pasar dilakukan untuk mengamati perilaku atau keinginan konsumen, optimasi proses pasti demi untuk memenuhi keinginan konsumen dan kegiatan lainya pasti mengacu ke konsumen. Ya…walaupun begitu, perusahaan melakukan itu semua juga karena ingin dapat profit yang sebesar-besarnya. intinya pasti ada timbal balik antar keduanya.

Sebenarnya, kalau para konsumen ingin mem”bangkrutkan” perusahaan gampang. ya…jangan beli aja barangnya toh barang subtitusi atau pesaingnya sekarang banyak. Atau kalau dikecewakan dalam pelayanan, tinggal bilang aja ke teman2 yang lain..he..he…

Tentunya tidak segampang itu, karena antara perusahaan dan konsumen pasti ada simbiosis mutualismenya atau ada timbal baliknya. jadi intinya sebenarnya konsumen itu punya kekuatan dan punya hak untuk dilindungi dan dipuaskan 🙂

Iklan

2 responses to “kekuatan konsumen

  1. ya konsumen emang utama dalam suatu produksi
    tetapi perlu ada tambahan bahwa bahan baku juga penting
    sebagai contoh t4 produksi juga akan menyesuaikan dengan bahan baku
    selain itu konsumen juga akan melihat suatu produk dari bahan bakunya
    jadi konsumen dan bahan baku seperti telur dan ayam
    siapa dulu telur apa ayam????
    iyakan

  2. konsumen memang raja
    tp sepertinya ada yg lupa…
    bahwa produsen adh maharaja hehehe ^^v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s