Riky anak perempatan

Riky lagi bercanda

Riky lagi bekerja

Perhatikanlah dua gambar di atas. Gambar diatas saya ambil kira-kira pukul 10 malam disebuah perempatan di jogja. Waktu itu iseng-iseng aja hunting gambar ama teman sekalian belajar jepret-jepret.

Sempat terlintas pertanyaan dibenak saya waktu gambar tersebut saya ambil. Jam 10 malam, mereka masih bekerja meminta belas kasih para pengendara yang lewat dengan menjual jasa nge-lap motor, untuk siapa? Kalau untuk diri mereka sendiri, tidak seharusnya mereka melakukan itu, di mana orang tua mereka? Kalau untuk membantu perekonomian keluarga yang memang miskin, saya salut pada mereka & saya mengaku kalah dari mereka!!!

Saya teringat pelajaran PPKn di sekolah dulu. Katanya orang miskin dan anak terlantar menjadi tanggung jawab pemerintah. Lha kok orang miskin & anak terlantar masih banyak di negri ini, apa masih kurang tanggungjawab pemerintah atau pemerintah tidak bertanggung jawab?.

Setalah beberapa saat disana, akhirnya sempat juga berkenalan dengan mereka, salah satunya bernama Riky, mana yang cukup keren. Saya bertanya pada mereka apakah besok pagi2 mereka gak sekolah?. Merka bilang mereka tidak sekolah.

Saya makin bingung aja. Katanya di RAPBN dianggarkan 20% untuk biaya pendidikan, kok masih banyak yang gak sekolah. Demo guru & semua elemen untuk mewujudkan anggaran tersebut tidak pernah mempan, tetap aje anggarannya mampet. mungkin nanti kalau pemilu lagi harus ada tes mata & tes telinga bagi calon yang akan dipilih biar mereka bisa liat dan dengar keluhan dan penderitaan yang ada. Dalam pembukaan UUD yang dibuat 62 tahun yang lalu salah satu tujuan bangsa adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Tapi kok pendidikan masih mahal. Bagai mana bangsa bisa cerdas kalau mau sekolah aja susah & banyak yang terkesan di susah2kan.

Tapi walupun hak mereka belum terpenuhi, walaupun mereka harus nongkrong terus di perempatan, si Riky tetap bisa ceria dan bercanda bersama teman-temannya yang ada disana.

Iklan

7 responses to “Riky anak perempatan

  1. hikz….T-T
    kasian banget…!!! betul-betul pemerintah negeri kita ini!!!
    ck..ck…

  2. berpikirlah dari sekarang tindakan ideal apa yg hrus d lakukan orang2 muda….
    kt jg pnya tanggungjawab sosial

  3. yah ini kan SIMPATI, masalah mo gimana yah tar aja di pikirin kalo udah waktunya!!!
    yang buat sekarang pikirin sekaran,buat besok ya besok, dan begitu seterusnya!!

  4. ok…terus lah berpikir……..

  5. sok tua lo!!!

  6. bukan sok tua….

    cuma ingat mengingatkan dalam kebaikna….:-D

  7. Aoq aneh!!!
    makasihhhtelah di ingatkan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s