Dompu dan Sedikit Analisanya

Dompu merupakan sebuah kabupaten di NTB yang terdapat di pulau sumbawa yang terletak disebelah timur pulau lombok. Banyak cerita dan legenda yang mengisahkan kenapa kabupaten tersebut bernama Dompu tapi sayang sekarang kita tidak membicarakan hal itu.

Kabupaten dompu berbatasan dengan :
utara : Kab Bima
Timur : Kab Bima
Selatan : teluk cempi dan laut indonesia
Barat : Kab Sumbawa dan Teluk Saleh
batas-batas tersebut saya analisa berdasarkan peta Dompu. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Dompu berada antara Kab.Bima dan Kab.Sumbawa. Sebenarnya banyak hal yang dapat ditemukan di daerah yang berlambang menjangan ini “pokoke mbotolah..”. Tanah yang subur, hutan yang lumayan lebat, dan laut yang menyediakan banyak ikan-ikan segar setiap hari merupakan potensi utama sumberdaya alam yang menopang kehidupan Dompu.

Kita sekarang tidak akan berbicara politik coz ane nggak suka ama politik. Mari kita bicara tentang sumberdaya dan potensi yang dapat mengembangkan Dompu.

Dilihat dari sumberdaya alam, Dompu dapat dibilang kaya. Masyarakat setiap hari dapat mengkonsumsi ikan segar yang umumnya datang dari Kempo, sayuran segar dari kebun atau pekarangan rumah sendiri, dan rasa kekeluargaan yang kentalmenjadikan masyarakat dompu walupun nggak punya duit tapi masih bisa makan. ok kan..

Dikaji dari sumberdaya manusia, Dompu bisa dikatakan masih kurang atau lebih tepat lagi masih dalam tahap perkembangan karena sekarang banyak calon penerus daerah yang masih merantau untuk menimba ilmu dan tidak jarang dari mereka mendapat prestasi yang baik. Mudah-mudahan para putra daerah tersebut kembali ke Dompu untuk membangun Dompu dan doakan saja para generasi tua menerima dan membimbing mereka jangan sampai seperti diiklan “kalau belum tua belum bisa disuruh ngomong” atau “kalau belum tua belum bisa dipercaya” .

Sebenarnya kalau dikaji dari bidang agroindustri (bidang yang saya perdalami sekarang), Dompu bisa lebih maju apabila Dompu mau lebih serius mengembangkan sistem agroindustri berbasis mikro, kecil dan menengah. Agroindustri merupakan industri yang berbasis pada pertanian dengan mengelola hasil pertanian tersebut sehingga memiliki nilai tambah dan nilai jual dan apabila dikelola dengan baik akan meningkatkan semua sistem yang ada seperti pertanian, perikanan, perdagangan industri dan lain-lain. Agroindustri tidak hanya berbasis hasil tanaman. Pertanian itu bersifat luas bisa berupa perikanan, peternakan dan kehutanan semua itu masuk kedalam sistem pertanian dan dapat menjadi bahan baku agroindustri.

untuk urusan bahan baku, Dompu memiliki banyak sumberdaya yang bisa dimanfaatkan seperti hasil peternakan, pertanian, hasil laut dan hasil hutan. Yang menjadi kendala agroindustri di Dompu adalah letak wilayah Dompu serta infrastruktur yang masih belum mendukung.Infrastruktur sangat penting bagi perkembangan agroindustri. Hal ini berhubungan dengan rantai pasok dan biaya yang akan dikeluarkan untuk transportasi baik transportasi pemasaran maupun bakan baku. Untuk menjangkau ibu kota propinsi dari Kab.Dompu memerlukan waktu 12 jam dengan jalan yang berbukit dan bergunung-gunung. Walau letak kabupaten Dompu berada diantara Bima dan Sumbawa tetapi perlu sarana transportasi yang baik untuk menjangkau wilayah tersebut sebagai wilayah pemasaran atau wilayah pemasok.

Sarana transportasi yang ada sekarang harus lebih ditingkatkan agar dapat melakukan pemasaran dan penyediaan produk dengan cepat dan agar tidak menambah biaya produksi yang akam mempermahal produk.

kendala yang ada tidak hanya pada sarana dan infastruktus transportasi tetapi juga pada sumberdaya manusia. Sumberdaya manusia yang ada dirasa masih kurang dan juga minat para pemuda dan pelajar Dompu terhadap agroindustri, pertanian, kehutanan, peternakan serta kelautan masih belum meningkat. Dalam pengelolaan agroindustri tidak hanya dikaji dari sektor pertanian tetapi serangkaian dari proses seperti pengadaan bahan baku, penyimpanan, proses produksi, pemasara, rantai pasok dan masih banyak lagi sangat memerlukan tenaga kerja yang berpendidikan dan berilmu.

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah melakukan perbaikan infrastruktur transportasi dan berperan serta dapam peningkatan pertanian, merangsang tumbuhnya usaha keci dan menengah dengan memberikan kredit dengan bunga rendah pada pengusaha kecil serta menyediakan pendidikan yang bagus serta beasiswa bagi mahasiswa Dompu yang berprestasi agar mereka memiliki kepekaan dan tanggungjawab yang tinggi terhadap daerah.

Iklan

31 responses to “Dompu dan Sedikit Analisanya

  1. Sedangkan menurut ilmu yang saya perdalami yaitu TIPIKAL ORANG DOMPU, Orang dompu itu semua kalaupun sukses sekolahnya TIDAK MAU KEMBALI ke daerah asalnya dan beralasan : ingin cari link ke pusat, nyari modal, dsbg. Padahal dengan seiring makin jauhnya mereka dengan daerah asalnya, semakin mereke keenakan dengan fasilitas. Apalagi jika sudah berkeluarga dan punya anak. Bertambahlah alasan mereka. “Tunggu anak saya besar dulu, baru bisa ditinggal…” Pada kenyataanya, jiwa berani berkorban orang dompu itu minim. Alasan cari modal itu lemah. Mengapa? Coba lihat tulisan diatas. Katanya kaya… Kalau modal untuk pengolahan? Memangnya mau bikin apa? Pengalengan ikan? Apa yang bisa dilakukan orang dompu hanyalah menulis mengenai apa yang ada di daerah mereka tanpa mau balik dan berharap orang luar yang datang mengerjakan. Mereka yang kembali ke dompu adalah lulusan dengan pengetahuan kelas 3. Sarjana diatas tahun 2000an yang buta internet. Lalu apa? Lalu apa? Bahkan laju GPRS patah di dompu, tempat dimana 3G Dan 3.5G bertebaran. Tempat dimana pak kodrat bekas atasannya yan panen uang. Tempat hardisk 30giga bernilai 700ribu. APA SIH YANG BISA KALIAN LAKUKAN? Pendatang pun jelas enggan lama-lama disini karna sulit komunikasi. LAH KELIYAN SAJA YANG ORANG DAERAH SENDIRI GAK BETAH APALAGI ORANG LAIN?
    *demikian!*

  2. treims atas tanggapannya………………..

    saran yang membangun…..

    jangan pesimis han….

  3. Oh ya, satu lagi. Mereka tipikal orang yang bahkan tidak merasa kalau disindir.

  4. D.Paan setuju…!!!

  5. ha..ha..ha…

    disindir ya….he..he..

  6. thanks sindirannya bos…

  7. Whuahahahahahaha..
    Ini beda critanya ma sayah, saya sangat ingin kembali ke dmp, tapi apa mw dikata tuntutan tugas ik..
    T_T
    tapi si chodrath sbntr lg (insya allah) akan kena batunya..

  8. waleh2…

  9. Dompu itu mana ya…
    he..he.he..
    cuma bercanda

  10. benar Han
    sedikit yg mau kembali
    contohnya sy
    sy nggak bisa janji klo mw balik cepat2
    “Tunggu anak saya besar dulu, baru bisa ditinggal…” ha3

  11. ha..ha..ha..

  12. Ehm……
    iyah juga seh om Black… rata udah berhasil di luar, gk mau pulang kampung, lihat kampung halaman ajah gk sudi hiks…. :((

    dan kalau masalah sumber daya sehh… rata2 orang dompu gk ada yang kerja deh kayaknya… maux andalin orang lain.. gk ada yang mau kerja sama deh….. ( menurutku seh.. n klo di lihat2 )

    *lirik kiri kanan ada orang gk yang merhatiin*

  13. Hah.. Jake ta naon tea?

  14. waleh2…
    (sambil geleng2)

  15. jake = noris
    kadang bisa jadi jake 810 juga..

  16. “BIASANYA PERKATAAN SESEORANG ITU BERBEDA DENGAN TINDAKANNYA”

    http://www.dompu.org

  17. begitukah…??

    doain aja hal itu bisa berkurang….

  18. Memang gak ada salahnya setiap orang untuk menentukan dimana dia bakal hidup dan menghabiskan hidupnya, Tp aku sgat optimis masih banyak putera2 Dompu yang memiliki kepedulian yang tinggi thadap kemajuan Dompu kedepan. masih banyak mereka yang sadar akan tanggungjawab moral sbg anak Dompu. Dan Saya Bertekad bahwa akan berjuang dengan segenap apa yang saya miliki untuk Dompuku tercinta. Sekedar info buat rekan2 dari Dompu Hari Minggu/ 23 September 2007. Kami dari Kerukunan Keluarga Mahasiswa DoroTangga Dompu-Makassar akan mengadakan One Day Basic Life Training On Dompu FUTURE. Diarangkaikan dengan Buka bersama. Bertempat Di VIP Room Learning center Of UIN Alauddin Makassar. Buat rekan2 yang ingin berbgi ide untuk masa depan dompu bisa berhubungan dengan saya di sangaji_d20@yahoo.com. JAYALAH DOMPUKU!!! AllahuAkbar!!!

  19. bang jainul makasi telah mengunjungi blog ini…

    mudah2han tekad anda tetap selalu ada dan tumbuh sampai kapan pun……

    memang banyak mahasiswa sekarang yang idealisnya tinggi untuk membangun daerah..tetapi manakala mereka dihadapkan dengan kehidupan yang nyata…dan terpaksa bekerja diluar atau keenakan diluar maka banyak juga yang idealismenya berkurang bahkan hilang….

    mudah2an generasi sekarang tidak begitu….

    selamat berjuang…………

  20. Kan kamu yang begitu. rencana kamu toh keluar daerah. Cih.

  21. Aduhhh jadi terharuu melihat semua yang ada.. dan rasa bangga terhadap Dompu sendiri makin besar hiks…

  22. kamu gak bangga ????:-p

  23. Ya apapun yang orang bilang tentang Dompu kita harus tanggapin dengan lapang dada…
    jangan pernah bosen untuk menerima masukan (yang membangun ye…)

    Pokoke harapan saya cuma satu…

    MAJU TERUS DOMPU….

  24. Maju terus, jangan berhenti. klo ada jurang loncat aj… yang penting maju… hehehe

    http://www.dompu.org/

  25. ok maju………….

    tapi sapa dulu……

    🙂

  26. Wakakakakak….
    Dompu… ada apanya? mau dibikin apa? Taruhan gobanan, sepuluh taon juga masih akan gitu-gitu aja…. Lha mau maju gimana… dikit-dikit ribut soal pulitik, soal jabatan, soal proyek… halah…

    Ada investor mo ngolah tambang… gak jadi… mau bikin perumahan PNS…. masih ruwet… mau buka penerbangan baru… ngambang… aneh deh pokoke, mau dibikin maju sama orang tapi kayaknya malah orang sana banyak resistensinya…. udah terserah aja…

    Ya, tungguin aja anak-anak dompu yang kuliah diluar, mereka biar pulang membangun daerahnya… tapi inget ya, yg sekarang aja udah banyak tuh sarjana di Dompu, kalau undangan, kartu nama, acara-acara, pasti disebut.. Se.. Ssos.. Ir.. (jarang sih), SH… Ssos… SH… SSos… Ssos… SH… (yg banyak emang ssos sama sh….).. kikikikikik… kaga tau buat apaan gelar-gelar itu dipajangin… lah, nanti ditambah lagi generasi yang baru lulus sarjana…. nambah-nambah koleksi gelar aja buat orang dompu… paling juga nambahin jumlah PNS…..

    Lah.. PNS nya digaji pake dana perimbangan… bukan PAD… hehehehe…

    Ya sorry aja kalau ada yg salah ya, tapi itu kesan gw ngeliat Dompu…. kesan kan ya terserah tho… subyektip… tapi semoga anda sadar, ada sesuatu yang harus diperbaiki di sana.. apa yah… gak tau ethos… atau apanya yah… pokoknya ada yang aneh gitu deh…

    Kalembo ade ya… maju terus Dompu!!!

  27. Boleh saya tambahin ya,
    Ada satu yang luar biasa di Dompu, adalah alamnya yang eksotik dan penduduk ruralnya yg cukup ramah cukup mendukung. Itu bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang spektakuler, asal didukung penuh oleh Pemda setempat. Misalnya pembangunan kawasan Lakey, Situs Tambora, dan wisata laut lainnya. Yang penting komitmen dari orang-orangnya.

    MAJU TERUS DOMPU !!

  28. so,,,,,,,,,jadi kenapa mi kalo orang Dompu masih belum bisa kembali ke kampung halamannya?????????

    sy kira ada waktunya setiap individu kembali ke kampoeNg halamannya………

    jgn terlalu menjelek2an Dompu,,,,,,,

    sekarang,,,,,,,Dompu punya potensi besar untk berkembang,,,,,,

    eitssssss,,,,,,,

    tapi birokrasinya Cess perlu di perbaiki,,,,,,,

    jgn hanya memikirkan tentang politik n jabatan semata tapi pikirkan juga generasi muda yang sedang menemban amanah daerahnya………..

  29. hmmm salam kenal…
    saya moeklas, akhir tahun kemarin saya ada kerjaan di dompu, ya biasa kerja penelitian. saya sendiri tinggal dan hidup di jogja. orang dompu tuh sangat menarik bagi saya sebagai peneliti tentunya. memang kalau membaca postingan ini dan beberapa komentar diatas ada benarnya juga.
    satu hal yang menjadi perhatian saya; orang dompu itu rahangnya kuat-kuat jadi kalau ngomong gak mau ada yang ngalah pasti mau menang, tapi itu menarik mungkin itu impresi awal ketika baru datang kesana.
    yagn kedua, memang soal kultur birokrasi, saya sempatkan untuk diskusi dan ngobrol dengan wakil ketua DPRD dompu yang dari PAN kalau tak saalah ingat mas Iwan namanya, memang kalau diliat soal kultur birokrasinya yang agak unik, bukan berbarti jelek, tetapi memang ini yang ada dan nyata yang harus dihadapi bersama, saya sempatan juga ngobrol dengan Anggota KPU kabupaten dompu, ada katanya yang agak menarik bagi saya dia bilang “Insya ALLAH, sampai kapanpun Dompu ini TIDAK akan maju, saya berani taruhan untuk hal ini” dia sendiri lebih menyoroti soal peran dan fungsi PNS yang hanya gila hormat dan juga sangat suka untuk menghambur-hamburkan waktu tanpa ada hasilnya. menarik memang.
    yang ketiga, ketika saya coba berjalan-jalan mengitari kota dompu, Kecamatan Woja dan sedikit berjalan sampai ke Pantai Huu lakey hmm sungguh memang kabupaten ini sangat kaya raya, mulai dari hasil tambaknya, perikanan, tenun kain, dan tentu keunikan orang-orang yang mengisinya.
    ketika saya mecoba mencari warung makan asli makanan dompu, ah sangat susah untuk di dapatkan, hanya lemang (ops apa namanya ketan panajng yang dijual di pasar dompu itu) saja yang bisa dinikmati, sempat pula sih makan di soto dan sate di sate Pemuda dekat gedung pemuda; waktu itu ada semacam kompetisi atau apa ternyata dompu banyak juga ya warianya hehhehe
    hmmm ada banyak kenangan disana walau saya lebih sering tinggal di hotel rinjani, dan makan di Arema. taman kotanya juga menarik, banyak diakses untuk anak-anak main dan nongkrong anak muda siang hari….
    dan yang agak salut ternyata anak-anak mudanya kritis dan aktiv, ini tidak kutemukan di lombok atau mataram.
    begitulah dompu, susu kuda dan madunya masih ku cecap sampai detik ini.
    salam untuk dompu dan salam semangat untuk kawan kawan dompu untuk membangun negerinya…

    kalembo ade….

  30. Mas moek terimakasih atas komennya. Begitulah dompu…hehe
    kalau bleh tau anda meneliti tentang apa di dompu?. Kebetulan sy jg skarang di jogja. Sy bru aja lulus TIP UGM & sdang brusaha ngambil master d UGM. Mungkin kalau suatu saat mas btuh diskusi tntang dompu sy dg snang ht membantu.
    Tks. Kalembo ade ita rau…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s