kata untuk kemerdekaan

bendera lusuh

“lusuhnya kain bendera di halaman rumah kita

bukan satu alasan untuk kita tinggalkan

banyaknya persoalan yang datang tak
kenal kasian

menyerang dalam gelap

kata diatas diambil dari lirik lagu iwan fals yang berjudul sumbang. Lagu tersebut memang sudah lama, tapi isi sayairnya masih menggambarkan keadaan kita sekarang.

Kita sudah 62 tahun merdeka. Tapi masih banyak yang lupa kalau kita telah merdeka selama itu. Dari 8 mahasiswa yang saya tanya hanya 2 mahasiswa yang tahu bahwa tanggal 17 agustus 2007 adalah HUT RI ke 62. Itu menunjukan kalau kita kurang perhatian pada bangsa kita sendiri. Apakah itu terjadi akibat warna bendera kita yang lusuh seperti yang dikatakan oleh iwan fals???

Saya memaklumi hal itu terjadi, mungkin karena persoalan disekitar kita yang memang membuat kita lupa diamana kita berada. Ada sebagian dari kita yang menganggap belum merdeka karena kemerdekaan yang merupakan hak segala bangsa seperti yang ditulis dalam pembukaan UUD belum sepenuhnya tercapai. Kita masih dijajah dalam segi ekonomi dan itu masih benar-benar terasa sampai saat ini. Kita masih dijajah dalam segi teknologi.

Kita harus menjadi bangsa yang mandiri dan bermartabat dan itulah cita-cita kita sejak lama. Dan kapan kita bisa bersama mewujudkannya?

Iklan

23 responses to “kata untuk kemerdekaan

  1. Bisa saat mereka ngerti internet dan murahnya nyampe ke dompu.

  2. jadi hubungannya gmn blek??

  3. ha..ha..ha..
    contoh PNS yg hanya mikir gaji ga mo mikir negara……..ha..ha..ha..

  4. LOH YAN ITU LEBIH BAEK KETIMBANG KAMU TOH DIA NIAT GA KELUAR PULAUNYA SEDANGKAN KAMU?!

  5. ha..ha..ha…
    jadi harus gmn dunkz……..

  6. gak gimana-gimana, duduk tenang aja di rumah, buka komik dan baca tanpa suara, biarin aja para pemimpin negara yang pusing, toh yang banyak dapat gaji mereka, kita mah terima jadi ajah!!

  7. de’ fika, sbg orng2 muda jngn mo trima aja……
    ntar d kibulin bahaya lho….

    orang2 mudalah yg menjadi harapan untuk dpt mewujudkan yg tbaik dimasa mendatang……….ok

  8. mualaz, ngapain pusing-pusing toh akhirnya ya bakal gitu-gitu aja!!

    orang muda emang d harapkan untuk memperbaiki segala kerusakan yg d timbulkan orang-orang tua.

  9. ga blh gitu kt ttp aje pnya tanggungjwb mril utk bngsa & utk masyarakat…

    jngn psimis ama potensi yg kt mliki utk merubah menjadi lbh baek…

    krusakan dari orang2 tua mari kita perbaiki dan jdkn plajaran biar ntar klu kita jadi urang tua ga buat salah lagi ke ank cucukita………

  10. Yakin bisa?
    Kita tunggu aja hasilnyah!
    Awas ang, kata2 mu itu janji!!
    Btw klo smua PNS mikiri negara tapi g mikirin gaji apa masuk akal? Orang kerja g mikir gaji itu g ada, di luar negeri skalipun!

  11. klu kt sama2 mau ane ykn bsa…..
    untuk merubah sesuatu bth kekuatan kt bsama…….
    ente jng psimis yan…..

    gaji tu hak yg dtima PNS ya pastilah hrus d pkirin tapi bkn tu aja PNS jg pnya keajiban buat negara….jd ente jg harus kerja keras buat negara yg gaji ente…

    apa kata dunia klu PNS cuma mikirin gaji…..

  12. Lha??
    Emang setahu kamu aku slama ini kerja bwt siapa? Ya jelas bwt negara!

  13. Wah saya salah satu orang dari 8 orang yang ditanya aang tu, dan saya jawab tidak tahu,gimana ga..lagi ngenet garap tugas! ganggu aja ma pertanyaan ga jelas *lempar sandal jepit

  14. ha..ha..aq jg nanya km ya….
    slamat2 anda mnjadi salah satu responden conandole

  15. yan:amien………..ya moga tetep bgitu
    trus pertahanin & tetep semangat

  16. Masalah ini biar saya perjelas. Jika engkau sehebat aku, maka
    BUKAN AKU YANG BUTUH NEGARA INI TAPI NEGARA INI YANG BUTUH AKU
    *hidung memanjang*

  17. yakin seperti itu??
    kok kayaknya munafik banget ya, memperbaiki apa yang telah d rusakkan oranglain!
    kalo ada orang kaya gitu salut deh…
    tapi fika masih mikir-mikir kalo mau jadi orang kaya gitu.

  18. wah..!!!
    (terheran2 smbl garuk kepala)

  19. Sebenarnya gampang bgt njelasin knapa aq bekerja bwt negara..
    Kan dibayar..
    Seandainya g dibayar ya males jugah..
    :p

  20. d.paan au wati ncara re???

  21. hmm….
    (bingung lg mikirin strategi yg tpt)

  22. kasian…
    aliansi untuk d.aang sepertinya harus segera d bentuk!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s