Alasan kenapa aku ngga suka MLM

ok….ini pengalanan pribadi saya. Yang jelas saya paling muak dengan MLM. Maaf kalau ada yang tersinggung dengan adanya artikel ini soalnya gara-gara oknum anggota MLM yang pernah ngibulin saya, saya jadi sangat2 benci dengan MLM.

Berawal dari dua tahun yang lalu saya diajak oleh seorang teman katanya ada bisnis yang untungnya gede tapi pake modal yang dikit. saya di suruh ke kosnya, dikonya saya dikenalin dengan seseorang dan mulai detik itulah dia berpresentasi panjang lebar tentang keunggulan MLM yang dia ikuti. Selesai di presentasi saya bilang terus terang kalau saya ga mau ikut, eh…dianya tetap ngotot nyuruh saya ikut dan akhirnya terjadi perdebatan kecil.

Setahun kemudian…ada lagi teman saya yang mengajak ikut presentasi bisnis. Kalau soal seminar atau presentasi bisnis apalagi pembicaranya adalah para praktisi handal saya paling suka ikut acara yang seperti itu. Tetapi seminar bisnis kali ini lain, saya tanya ke teman saya itu apa judul, tema acaranya dan nama pembicaranya dia ga’ nyaut. ternyata……sesampai di tempat kejadian perkara (he..he..) presentasi yang dimaksud adalah presentasi MLM. yah…terpaksa pas acara berlangsung yang saya kerjakan hanya baca komik dan ngobrol2 ama orang2 yang sama2 “dikibulin” & pembicaranya pun ada yang nyindir kita..alah…cuek azzaaa….yang lebih mengejutkannya lagi ternyata ada yang lebih parah dari saya…ada peserta yang di ajak ama temannya katanya ada acara ulang taun ternyata tu acara MLM..BUSYEEETT…

Ngga’ sampai dua bulan setelah kejadian itu saya kejebak lagi….sekarang modusnya lain. sang oknum mengajak saya ke tempat temannya katanya memiliki usaha supermarket, si oknum mengajak saya untuk parttime ditempat tersebut. sesampai di TKP, eh…malah ada presentasi MLM. filing saya udah ngga’ enak…ngga’ lama setelah itu saya maksa pulang eh malah ada yang bertugas menghalangi…tapi ya…tetap aja ane bisa pulan.

perhatian…
untuk anda yang bergelut di bidang MLM tolong kalau ngajak orang jangan di kibulin dulu deh…bilang aja terus terang kalau mau di ajak MLM soalnya kebohongan anda bisa merusak citra teman2 MLM anda yang baek & juga  anda  bisa  dijauhi ama  orang  disekitar  anda.

Buat teman-teman yang antipati….lawan terus tuh oknum MLM…

13 responses to “Alasan kenapa aku ngga suka MLM

  1. MLM? Beh… kapan kayanya?!

    =))

  2. Yang ngajak dengan alasan acara ulang tahun itu sudah benar-benar keterlaluan. Kok tega-teganya mengorbankan kepercayaan teman demi sebuah seminar MLM.

  3. ane setuju tuh bos…
    padahal inti dari bisnis adlh saling percaya…

  4. Ga semua pelaku bisnis MLM seperti itu kok. Jadi wajar bila Anda kecewa krn mendapatkan perlakuan yg kurang enak dari rekan Anda. Tapi saya tekankan tidak semuanya seperti itu. Logikanya sederhana; bisnis ini menawarkan sebuah peluang usaha, dan teman Anda yg kebetulan sdh bergabung dalam bisnis ini mencoba menawarkan atw menginformasikan suatu peluang binis kpd Anda. Jadi sah-sah saja bukan? Anda sebagai seorang yg mungkin dianggap potensial dlm berbisnis diundang utk menyimak peluang dan materi rancangan usahanya. Ini pure business ko kawan, santai sj, ga perlu di jadikan masalah personal, apalagi sampai dimasukan ke dalam hati.
    Klo memang Anda tidak berminat ya ga perlu gabung, tapi klo Anda memang ingin informasi tentang bisnis MLM ya silakan simak presentasinya. Ga perlu apriori dgn bisnis ini. Apalagi yg namanya sebuah peluang usaha, alangkah bagusnya bila kita cari informasinya dgn benar, siapa sangka Anda malah akan sukses! Mudah kan…?

  5. mas zacki thanks dah ngunjungi blog ini saya sangat menghargai pendapat dan kunjungan anda..

    setau saya inti dari bisnis adalah kepercayaan dan tujuan utama dari bisnis adalah kepuasan konsumen (itulah yg saya pelajari saat ini).

    apa bila dalam bisnis kepercayaan telah ternodai dengan kebohongan oknum pelaku bisnis maka akan mencoreng dari bisnis tersebut, ini nyata dan bukan saya aja yang mengalaminya.

    menurut pengamatan saya, komsumen dari bisnis MLM adalah calon anggota itu sendiri. Dalam etika dan teori berbisnis, bila seorang konsumen tidak terpuaskan apalagi dihianati dengan kebohongan awal (maksudnya kebohongan waktu diajak) maka untuk seterusnya akan berdampak buruk. seperti teori pemasaran “apa bila satu konsumen dihianati maka dia akan memberitahukan ke puluhan bahkan ratusan calon konsumen lainnya untuk tidak menikmati jasa atau produk tersebut”. Itulah yang terjadi pada saya dan banyak lagi teman2 saya saat ini.

  6. ok….thanx dah berkunjung

  7. Assalamualaikum,…….

    Ikut Nimbrung dikit yach……hanya ingin meluruskan tentang MLM.
    kalo Anda2 merasa tertipu dengan bisnis MLM mungkin Anda kurang berhati2 dalam memilih Bisnis tersebut,karena tidak banyak Bisnis Moneygame yang mengatasnamakan MLM,….itu sebenrnya yang membuat Anda2 Alergi atau muntah2 bahkan sangat benci sekali dengan yg namnya MLM,
    Satu yang Anda harus teliti dan ketahui bila Anda menemukan kembali dan di perkenalkan sama orang dengan bisnis yang sama,pertama Anda harus lihat Ke anggotaan APLI dan badan POM.
    Artinya Anda tau mana MLM yang Murni dan Tidak.
    Nah kalo anda masih merasa tertipu dengan bisnis MLM,dengan hati yang paling dalam saya Pribadi akan memperkenalkan Bisnis yang benar2 resmi dan Murni untuk sebuah MLM….bila Anda Pingin membuktikan kata2 saya ini, Anda2 yg meresa di bohongi dengan MLM bisa Hubungi ke No. HP 081317083556 dengan A/N Sarno

    Atau Buka di Web http://www.k-link.co.id

    Wassalammualaikum

    Salam

  8. Assalamualaikum,…….

    Ikut Nimbrung dikit yach……hanya ingin meluruskan tentang MLM.
    kalo Anda2 merasa tertipu dengan bisnis MLM mungkin Anda kurang berhati2 dalam memilih Bisnis tersebut,karena tidak banyak Bisnis Moneygame yang mengatasnamakan MLM,….itu sebenrnya yang membuat Anda2 Alergi atau muntah2 bahkan sangat benci sekali dengan yg namnya MLM,
    Satu yang Anda harus teliti dan ketahui bila Anda menemukan kembali dan di perkenalkan sama orang dengan bisnis yang sama,pertama Anda harus lihat Ke anggotaan APLI dan badan POM.
    Artinya Anda tau mana MLM yang Murni dan Tidak.
    Nah kalo anda masih merasa tertipu dengan bisnis MLM,dengan hati yang paling dalam saya Pribadi akan memperkenalkan Bisnis yang benar2 resmi dan Murni untuk sebuah MLM….bila Anda Pingin membuktikan kata2 saya ini, Anda2 yg meresa di bohongi dengan MLM bisa Hubungi ke No. HP 081317083556 dengan A/N Sarno

    Atau Buka di Web http://www.k-link.co.id
    Atau Anda semua bisa kirim email ke alamat mahesa_pramudya@yahoo.com

    Wassalammualaikum

    Salam

  9. silahkan main ke http://bravo9682.wordpress.com
    banyak ulasan mengenai MLM yang dipandang negatif

  10. Itulah dia mengapa MLM dianggap negatif.
    Cara mengajaknya yang memang aneh-aneh, padahal jujur saja. MLM adalah cara yang paling efektif untuk cara cerdas menuju kesuksesa. ingat ya cara cerdas, bukan cara singkat.

    MLM adalah sebuah jalan tengah bagi seseorang yang ingin berbisnis tetapi tidak punya modal.

    Karena bagi saya pribadi, mengikuti MLM itu berdampak sangat positif bagi diri saya. Kemampuan saya berbicara dan menyampaikan pesan jadi lebih baik, saya selalu berfikir dan bersikap positif terhadap orang lain. Jadi terbuka dan senang berkawan.

    Alhamdulillahnya nih, networking yang saya ikuti selalu berfikiran positif. Memang sulit karena dilingkungan kita MLM dianggap bisnis kibul-kibulan. Tapi untungnya MLM yang aku ikuti adalah MLM murni, sistem yang jelas, mudah diduplikasi, setiap individu tidak ditetapkan beban point yang berat. Justru ditekankan pada sistem rekruitmen dan pengembangan jaringan.

    Yah memang sukses adalah keputusan!
    Yang mau mencemooh ya, silakan saja, silakan nantinya jadi pengagum kita yang sukses 🙂

  11. trus MLM itu sesungguhnya memang bagus atau layak diusahakan atau tidak ya..? Kalau memang tidak layak dan lebih banyak menimbulkan kerugian atau berdampak negatif, mengapa tida dilarang saja…? dan mengapa juga banyak roduk-2 MLM itu bagus2 dan banyak orang kaya dari MLM…? mohon ada yang menjelaskan ini…. atau bagaimana pendapat para ahli ekonomi dan pemasaran, apakah hal ini tidak menarik untuk dikaji dan dijabarkan…?
    Terimakasih jawabannya…..

  12. halo2…baru baca ni..hehehe…boleh ikut nimbrung yah…
    masalah MLM sebenernya yang salah itu bukan bisnisnya tapi oknum2nya yang kurang bertanggung jawab. jujur saya pernah ditawari MLM juga tapi temen yang nawarin juga fine2 aja and profesional banget (nggak maksa) dan walau saya nggak gabung tuh orang masih baik sama saya and menghormati keputusan saya.
    jadi saya yah fine2 aja…jadi intinya jangan di generalisasi dech mentang2 ada oknum2 yang nggak bertanggung jawab seperti itu jadi semua MLM disamaratakan. MLM si menurut aku emang pure bisnis si, kalo ada yang nawarin yah wajar aja. kaya kita pergi ke toko komputer ato toko lain, ada juga kan yang nawar2in githu.
    emang si sayang banget karena ada oknum2 yang jelek MLM jadi dianggap buruk ma masyarakat, padahal aku kenal lho ada 1 tukang parkir yang hidupnya ma hidup keluarganya berubah drastis kesejahteraannya terjamin karena MLM. so…ayo coba liat segala sesuatu dari 2 sudut pandang yah…^^
    PEACE…^^

Tinggalkan Balasan

