Agroindustri Masa Depan Kita Semua

Krisis ekonomi yang terjadi selama beberapa tahun belakangan ini telah menyebabkan kemiskinan makin kuat mencengkeram hidup masyarakat kecil di Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa masyarakat miskin tahun 2006 ini menurun ada pula yang mengatakan makin meningkat. Terlepas dari itu semua kita harus sadar bahwa salah satu penyebab utama timbulnya kemiskinan adalah banyaknya angka pengangguran akibat kurangnya lapangan kerja yang tersedia.

Untuk itu agroindustri dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi pengangguran di Indonesia. Agroindustri merupakan industri yang mengolah bahan baku hasil pertanian menjadi barang yang mempunyai nilai tambah yang dapat di konsumsi oleh masyarakat. Berbeda dengan industri lain, agroindustri tidak harus mengimpor sebagian besar bahan bakunya dari luar negeri melainkan telah tersedia banyak di dalam negeri. Dengan mengembangkan agroindustri secara tidak langsung kita telah membantu meningkatkan perekonomian para petani sebagai penyedia bahan baku untuk industri. Ingat bangsa Indonesia adalah bangsa agraris dengan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani, untuk itu industri yang paling potensial dikembangkan adalah industri pertanian karena mencakup hidup masyarakat Indonesia itu sendiri bukan industri lain yang sebagian besar bahan bakunya diimpor dari luar negri.

Pada tahun 2004 ada sekitar tiga juta unit IKM (industri kecil menengah) yang mampu menyerap lebih dari 12 juta tenaga kerja. Sedangkan industri besar hanya 7.000 unit usaha. Kendati demikian dari kontribusi ekspor non migas nasional, IKM baru menyumbang devisa sekitar 10 persen dari total non migas per tahun (media Indonesia). Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa apabila agroindustri dapat dikembangkan terus-menerus maka jumlah pengangguran akan terus turun dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Dari sektor pemerintah, Departemen Perindustrian (Deprind) akan memfokuskan pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) sektor agro atau industri yang berbasis hasil pertanian, karena memiliki potensi yang paling besar dan mudah untuk dikembangkan di seluruh Indonesia. Sektor agroindustri memiliki wahana yang bagus karena produksi pertanian tersebar di seluruh Indonesia , selain itu IKM agro juga labour intensive (padat karya) dan sudah familiar (dikenal) karena Indonesia merupakan negara agraris.

SDA yang dimiliki bangsa kita belum cukup untuk mengembangkan agroindustri tanpa diimbangi dengan SDM yang berkualitas. Untuk itu kita sebagai denerasi muda harus optimis dengan kompetensi yang kita miliki dan bekerja keras untuk mengintegrasikan ilmu yang kita dapatkan sehingga memiliki rancangan inovasi yang lebih kreatif sebagaimana merancang agroindustri ke depan sebagai basis peningkatan taraf hidup masyarakat kecil dan  peningkatan perekonomian Negara

Iklan

8 responses to “Agroindustri Masa Depan Kita Semua

  1. rizkiputrasejati

    sangat setuju
    jalan terbaik bagi masyarakat indonesia
    hanya satu untuk berkembang
    yaitu
    AGROINDUSTRI

    kembangkanlah terus oke

  2. memngembangkan produk-produk pertanian berarti kita telah membuka pintu kesejahteraan…………..
    agroindustri adalah kunci pintu yang tepat…….

    hidup Indonesia………..

  3. ysng kits perlukan aplikasi dari semua itu. setuju dan kita lakukan sekarang minimal daerah rumah

  4. ya, saya setuju sekali…
    HIDUP AGROINDUSTRI UGM

  5. yupp….

    hidub agroindustri . !
    ohohoho…

    ^.^’

  6. Setuju banget. Agroindustri jadi peluang usaha yang paling sesuai dengan budaya dan potensi kita. modern bukan berarti barat tetapi modern adalah sejauh mana kita mampu berinovasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tanpa melupakan jatidiri kita. sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s