Industri Ideal Untuk Indonesia

Kita sering mendengar dan memang kenyataannya bahwa Indonesia merupakan negara agraris. Lebih dari separuh penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani baik langsung maupun tidak langsung. Wacana yang berkembang sekarang adalah bagai mana menjadikan Indonesia menjadi negara industri untuk meningkatkan taraf hidup yang katanya biar menjadi seperti negara maju.

Ok lah..kalau Indonesia mau jadi negara industri, semua pasti akan mendukung tetapi masalahnya industri apakah yang cocok untuk bangsa kita. Kita pernah punya industri pesawat terbang, dan hasil pesatnya pernah dinamai tetuko. Salah satu prestasi yang membanggakan memang, tetapi pesawat buatan Indonesia malah diganti (ditukar) dengan beras negara tetangga. Banyak industri di Indonesia yang bahan bakunya dari luar negri gulung tikar akibat krisis ekonomi dan salah satunya industri pesawat terbang tadi.

Untuk menjadi negara industri kita harus tau dulu profil negara kita agar tidak salah dalam mengambi langkah. Negara kita merupakan negara agraris untuk itu industri yang cocok untuk dikembangkan untuk kemajuan bangsa yaitu agroindustri. Agroindustri dapat berkembang di Negara kita karena bahan baku yang ada tidak perlu atau tidak banyak yang diimpor. Terbukti bahwa usaha kecil dan menengah yang berbasis agroindustri tidak gulung tikar saat krisis melanda Indonesia dimana saat itu ekonomi bangsa kita sedang terguncang. kenapa demikian??karena agroindustri, bahan bakunya didapat didalam negri dengan mudah dan tidak terlalu tergantung oleh naik turunnya nilai uang kita.

Mengembangkan agroindustri sama saja dengan mengembangkan potensi bangsa ini. Petani juga akan terbantu dengan adanya pengembangan sektor industri ini. Hasil pertanian akan teroptimalkan sehingga mempunyai nilai yang lebih dan petani yang merupakan penghasil bahan baku akan lebih produktif dengan adanya ransangan sektor agroindustri. Pengembangan agroindustri tidak harus dengan membuat industri yang skala besar, malah yang lebih penting adalah mengembangkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah yang bergasis agroindustri karena usaha tersebutlah yang banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia ini dan menjadi salah satu basis ekonomi masyarakat.

Mari, dukung bangsa ini menjadi bangsa yang maju, mandiri dan bermartabat jangan hanya tergantung dengan “suntikan” dari negara lain. Kembangkan potensi dalam negri untuk kemakruran bersama.

Iklan

7 responses to “Industri Ideal Untuk Indonesia

  1. Saya setuju! Andaikan Indonesia ingin mengembangkan teknologi, mendingan kembangkan dulu teknologi yang mendukung pertanian! Mendingan bikin traktor untuk pertanian yang sesuai dengan struktur/kondisi fisik tanah di Indonesia daripada bikin pesawat terbang yang nggak bisa dijual! Bener nggak? Hehehehe…. 😀

  2. thanx kang yari……..
    dukung terus agroindustri indonesia………ok

  3. Yup! Aku dukung! Makanya kamu ikut bantuin seminar kita yah… hihihi…^_^
    Tapi masih cari2 judul yang pas neh! yang tadi gmn Ang? Dah OK blom? Bingung niy,,,=(

  4. kita punya tanah yang luas
    punya air yang berlimpah
    punya manusia yang banyak
    punya sarjana2 pertanian yang pinter
    punya sarjana2 teknik yang jago
    punya sarjana2 ekonomi yang butuh lahan praktik

    nah, tunggu apalagi?

  5. Tunggu dana wis..
    🙂

  6. http://diaryofaya.blogspot.com/

    coba deh kamu buka.the diary of aya ikeuchi.trully, the books really exist . . . . .

    flood of tears?

  7. dana jangan ditunggu. kalau punya ide bagus dana akan datang sendiri.
    yang penting kreatif, otak dikepala jangan didengkul terus yang, nanti jadi IQ jongkok dong.
    mulai dari yang kecil dulu sesuai kemampuan, pengalaman dan minat. lakukan segera.gagal gak perlu taku. sesudahnya pasti sukses.
    jangan malas…. ya anak muda …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s